Talk Show With Young Entrepreneur

Langsa- Himpunan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra mengadakan acara Talk Show with Young Entrepreneur dengan tema “Increasing of Interest Young Generations Into Entrepreneurship” yang dimana kegiatan ini secara khusus membidik para generasi muda untuk bisa lebih ber-inovatif di dunia kewirausahaan, dan mahasiswa pada umumnya. Dengan diadakannya acara Talk Show ini dihararapkan para generasi muda akan lebih bersemangat untuk menciptakan usaha sendiri, serta lebih berani menghadapi tantangan-tantangan wirsausaha dengan mempelajari pengalaman dari para narasumber. Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari Fakultas Ekonomi dengan hadirnya Dekan Fakultas Ekonomi yang pada kesempatan ini digantikan oleh Wakil Dekan I.

Antusias mahasiswa dengan acara ini melebihi dari yang diharapkan yaitu sangat bagus. Yang pada awal pembentukan acara ini hanya ditargetkan kepada mahasiswa Ekonomi jurusan Manajemen ini bahkan bisa menembus mahasiswa Fakultas lain. Adapun data dari ketua panitia menyebutkan bahwa peserta yang mengikuti ini berjumlah sebanyak 145 orang, juga beberapa dosen yang ikut serta mensukseskan acara ini. Acara Talk Show ini dibuka oleh Ketua Prodi Manajemen Bapak Muhammad Rizqi Zati S.Pd., M.Si. dan diisi dengan Narasumber yang telah berpengalaman dibidang Entrepreneurship: Diah Ayu Ardiyanti, S.E., M.Si. yang juga merupakan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra, dan Tri Widayanti S.E. Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Samudra yang telah mempunyai banyak pengalaman dalam berwirausaha.

Talk Show ini diprakarsai oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra dengan melihat fenomena di masyarakat dimana banyak sekali sarjana yang mengikuti tes CPNS namun gagal. Ketua Umum HMM (Zatira Novridayani) menyampaikan kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan jiwa entrepreuner muda dan berharap dari adanya kegiatan ini melahirkan ide-ide yang dapat dituangkan kedalam PKM, khususnya PKM-K, agar banyak-nya PKM yang terbit dari Fakultas Ekonomi sesuai dengan keinginan Dekan Fakultas Ekonomi. Selanjutnya diharapkan dengan kegiatan ini akan membuka wawasan mahasiswa untuk tidak tertuju pada satu titik saja. Namun masih banyak peluang-peluang usaha yang bisa dikembangkan ditengah-tengah masyarakat konsumsi.

Kegiatan yang dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Unsam ini dilaksanakan pada hari Rabu, Tanggal 5 Desember 2018 berjalan dengan sukses tanpa ada kendala yang sangat berarti. Antusias mahasiswa kembali terlihat dengan adanya beberapa pertanyaan tentang wirausaha. Menunjukkan bahwa mereka ingin mempersiapkan diri dari sekarang untuk masa depan yang penuh persaiangan.

Akhirnya, kegiatan ini diharapkan menjadi batu loncatan kepada mahasiswa untuk bisa terjun kedalam dunia wirausaha. Dengan demikian tujuan-tujuan pemerintah untuk mengurangi pengangguran akan sangat terbantu jika para sarjana ditanah air ini menciptakan bisnis sendiri tanpa mencari pekerjaan kepada perusaan atau instansi pemerintah.