Kunjungan TIM Assesor BAN-PT Dalam Rangka Akreditasi Di Fakultas Ekonomi

Langsa – Fakultas Ekonomi Universitas Samudra menerima kunjungan assesor BAN-PT untuk mengevaluasi Borang program studi dan institusi Fakultas Ekonomi. Pelaksanaan Asesmen lapangan ini dilakukan pada tanggal 24-26 April 2019.

Asesmen lapangan yang dilakukan oleh tim asesor ini merupakan tahap lanjutan dari desk evaluation terhadap Borang Akreditasi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi. Tim asesor melakukan wawancara terhadap Dekan, Wakil Dekan, Koordinator Program Studi dan Tim Penyusun Borang untuk melakukan verifikasi terhadap data yang terdapat pada borang yang telah dikirimkan oleh Fakultas Ekonomi ke BAN-PT.

Selain itu juga para Asesor melakukan wawancara terhadap dosen, tenaga kependidkan, alumni dan stakeholders. Tidak hanya wawancara, tim asesor juga melakukan survei terhadap fasilitas dan sarana prasarana pendukung Proses Belajar Mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Samudra.

Adapun Asesor yang diutus oleh BAN-PT yaitu Dr. Nurna Aziza, SE, M.Si.,Ak, CA. (Universitas Bengkulu) dan Dr. Yanuar E. Restianto, S.E., M.Acc. Ak. CA, CPA. (Universitas Jenderal Soedirman). Kunjungan tersebut disambut oleh Rektor, Wakil Rektor I dan II, Dekan Fakultas Ekonomi di Kampus Rektorat Universitas Samudra. Sedangkan pada saat di Kampus Fakultas Ekonomi, Asesor di sambut oleh Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II, Kordinator Program Studi, anggota Standar Borang dan seluruh perangkat sivitas akademika Fakultas Ekonomi. Asesor juga disambut oleh Walikota Langsa dan/atau yang mewakili, Ketua dan Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Samudra (IKAFES), Wakil dari Kominfo Kota Langsa, Bank Syariah Mandiri, Bank Aceh Syariah, BRI, PTPN I Langsa, dan juga Badan Pusat Statistik Kota Langsa.

Pelaksanaan asesmen lapangan dilakukan dengan tertib dan lancar, sebagaimana disampaikan oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Nurlina, SE.,M.Si yang menyebutkan bahwa asesmen lapangan kali ini adalah upaya pembuktian Fakultas Ekonomi Universitas Samudra dalam meningkatkan akreditasi sebelumnya serta menyatakan kesiapan Fakultas Ekonomi untuk menerima dan mencapai akreditasi yang lebih baik lagi khususnya untuk Program Studi Akuntansi.