Kunjungan Studi Mahasiswa FE-Unsam Ke Bank Indonesia

KEGIATAN KUNJUNGAN STUDI KE BANK INDONESIA

Langsa (8/4/2019), tepat tanggal 2 April 2019 yang lalu sebanyak 95 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen telah melaksanakan kunjungan studi eksekutif mahasiswa ke Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara. Tujuan dari kegiatan kunjungan studi ini adalah untuk lebih meningkatkan pemahaman mahasiswa apa itu perbankan khususnya Bank Indonesia sebagai Bank central di Indonesia. Kegiatan kunjungan studi ini mendapat dukungan yang positif dari civitas akademi Universitas Samudra khususnya Fakultas Ekonomi sebagai wahana mahasiswa menerapkan ilmu yang sudah didapatkan dalam kelas untuk dibandingkan dengan praktek dilapangan.

Dekan Fakultas Ekonomi selaku pimpinan tertinggi di Fakultas Ekonomi melepas keberangkatan mahasiswa dengan pesan “Setiap mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini untuk dapat membawa nama baik Fakultas Ekonomi Universitas Samudra sebagai salah satu kampus negeri yang sedang tumbuh dan berkembang”.

Kunjungan studi ke Bank Indonesia sudah beberapa kali dilaksanakan pada mahasiswa angkatan sebelumnya. Dimana untuk kunjungan studi periode ini dilaksanakan dengan didampingi oleh 3 orang dosen yaitu Dr. Muhammad Fuad, SE, MM, Abdul Latief, SE, M.Si dan Syardiansah, ST, MM. Kegiatan ini digalakkan untuk dapat dibuat sebagai agenda rutin setiap semester, sehingga semua mahasiswa mendapat pengalaman baru dengan mengunjungi Bank Indonesia.

Selama di Bank Indonesia mahasiswa mendapatkan pembekalan yang bermanfaat dan kesempatan visitasi dalam Bank Indonesia. Mahasiswa dan dosen setiba di Bank Indonesia disambut baik oleh pihak Bank Indonesia dengan diwakili oleh Bapak Kusnadi selaku Asisten Direktur Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara. Bapak Kusnadi menyampaikan “Sangat senang atas kunjungan yang dilakukan oleh mahaiswa ke Bank Indonesia, sehingga lebih banyak pengetahuan yang dapat dibagikan kepada mahasiswa khususnya tentang Bank Central”.

Pada kesempatan ini mahasiswa mengikuti seminar dari Bank Indonesia pada ruang seminar di lantai 9 dengan tema Kebanksentralan. Dimana dari tema tersebut mahasiswa diberikan pemahaman tentang apa itu Bank Central, Mata Uang Palsu, Kasus Inflasi dan Defalasi (Makro dan Mikro Ekonomi) serta jasa-jasa perbankan terbaru seperti penggunaan uang elektronik yang selama ini dilakukan oleh Bank Indonesia selaku Bank Central.

Untuk kesempatan visitasi mahasiswa diajak untuk mengunjungi Perpustakaan Bank Indonesia di lantai 5. Disini mahasiswa dapat melihat dan menikmati koleksi buku-buku dan fasilitas yang tersedia dalam Perpustakaan tersebut. Setelah semua aktivitas kegiatan kunjungan dalam Bank Indonesia dilaksanakan, acara penutup diakhiri dengan makan siang bersama mahasiswa kunjungan studi dan shalat zuhur di lingkungan kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara. (Red.Syr)