Kurikulum

Profil Lulusan Program Studi

Penyempurnaan kurikulum Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra kembali melakukan penyempurnaan kurikulum dengan merespon dinamika lingkungan kerja sekaligus juga merespon Peraturan Pemerintah No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional dan Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Pendidikan Tinggi. Secara lebih spesifik, kurikulum yang disempurnakan tersebut memberikan bekal bagi mahasiswa untuk memiliki kompetensi yang berorientasi global sekaligus mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal. Melalui desain kurikulum terbaru, setiap lulusan Prodi Manajemen FE Unsam diharapkan memiliki kualifikasi sumber daya manusia (SDM) yang unggul, mandiri dan berbudaya, sesuai dengan visi dan misi program studi, fakultas, dan universitas.

Berdasarkan pemahaman tersebut, Lulusan Prodi Manajemen FE Unsam diharapkan memiliki profil berikut:

  • Lulusan memiliki kompetensi untuk berwirausaha sehingga mampu memberi kontribusi dalam penciptaan lapangan pekerjaan, baik di bidang manufaktur maupun bidang jasa.
  • Lulusan memiliki kompetensi manajerial dalam organisasi sektor publik (misalnya: kantor pemerintahan) atau meniti karir dalam sebuah organisasi yang murni berorientasi laba (sektor swasta, BUMD/BUMN).
  • Lulusan memiliki kompetensi manajerial-sosial dalam mengembangkan organisasi nirlaba ataupun organisasi sosial lainnya yang berafiliasi dengan lembaga tertentu yang memiliki kepedulian pada persoalan-persoalan lingkungan dan

Kompetensi Lulusan Program Studi

Untuk menghasilkan lulusan dengan profil seperti yang diharapkan, maka standar kompetensi yang harus dimiliki terdiri atas kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi khusus yang disesuaikan dengan masing-masing konsentrasi yang ditawarkan. Secara lebih spesifik, Prodi Manajemen FE Unsam mengharapkan bahwa lulusan Sarjana Manajemen yang dihasilkan akan memiliki sejumlah kompetensi berikut.

  1. Kompetensi Utama, yang mencakup:
    1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen pemasaran dan keuangan sesuai dengan konsentrasi dalam melaksanakan setiap kegiatan produktif.
    2. Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia untuk mewujudkan tujuan organisasi.
    3. Mampu mengkaji dan memanfaatkan peluang bisnis berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal.
    4. Mampu menyusun dan mengimplementasikan rencana–rencana kegiatan baik yang bersifat bisnis maupun non bisnis.
    5. Mampu memberikan alternatif–alternatif solusi bagi penyelesaian masalah manajerial berdasarkan hasil kajian secara ilmiah.
    6. Mampu bersaing diera globalisasi, baik secara regional (MEA) maupun internasional.
  2.  Kompetensi Pendukung, yang mencakup:
    1. Mampu menggunakan perangkat teknologi produktif, informasi dan komunikasi untuk peningkatan produktivitas kerja.
    2. Mampu mengaplikasikan metode-metode kuantitatif yang tepat dalam pengambilan keputusan manajerial.
    3. Mampu berkomunikasi dengan baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris secara aktif (lisan) maupun pasif (tertulis).
  3. Kompetensi Lainnya, yang mencakup:
    1. Mempunyai prinsip integritas dan disiplin yang tinggi.
    2. Mempunyai kemampuan berinovasi, proaktif, dan berani mengambil risiko dalam setiap tindakan bisnis.
    3. Mempunyai kemampuan sosial untuk mengembangkan jejaring kerja (networking).
    4. Mempunyai pemikiran dan tindakan yang sesuai dengan norma–norma agama, etika dan aturan hukum. Memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan (agama, bangsa dan negara).

 

KURIKULUM PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNSAM

berikut adalah kurikulum Prodi Manajemen.

sebaran kurikulum MK EKM-v1 (2)