Visi Misi

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Program Studi Akuntansi 


VISI

Menjadikan Program Studi Akuntansi yang berkualitas sesuai dengan standar pendidikan nasional dalam menghasilkan lulusan yang beretika, berintegritas, berkompeten di bidang akuntansi serta berjiwa kewirausahaan, inovatif, kreatif dan mampu berdaya saing secara global

Terdapat kata kunci dalam Visi Program Studi Akuntansi yaitu :

  1. Beretika maksudnya adalah Program Studi Akuntansi menyelenggarakan lulusan yang berkepribadian jujur, bermoral serta cerdas secara emosional dan spiritual.
  2. Berintegritas maksudnya adalah dalam pelaksanaan proses pembelajaran Program Studi Akuntansi menanamkan nilai-nilai etis untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter, bertanggung jawab, serta mengintegrasikan kerangka nilai, etika dan sikap profesional kedalam disiplin ilmu akuntansi.
  3. Berkompeten di bidang akuntansi, berarti Program Studi Akuntansi Universitas Samudra memadai untuk menghasilkan SDM yang mampu membuat laporan keuangan secara cermat dan akurat, mampu melaksanakan audit laporan keuangan, mampu menyusun pelaporan pajak.
  4. Berjiwa kewirausahaan maksudnya adalah Program Studi Akuntansi Universitas Samudra dengan mengaplikasikan proses pembelajaran yang mengembangkan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) untuk menghasilkan lulusan yang memiliki semangat kemandirian, kemampuan analisa yang tajam serta kemampuan manajerial yang tinggi
  5. Inovatif maksudnya adalah Program Studi Akuntansi Universitas Samudra melaksanakan kegiatan akademik dan proses belajar untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengantisipasi dan beradaptasi dengan perubahan manajemen global.
  6. Kreatif maksudnya adalah Program Studi Akuntansi Universitas Samudra mengembangkan kegiatan akademik dan proses belajar yang efektif dan efisien agar menghasilkan lulusan yang mampu memberikan sumbangan pemikiran maupun tindakan aplikatif kepada masyarakat dalam bidang akuntansi.
  7. Mampu berdaya saing secara global berarti Program Studi Akuntansi Universitas Samudra melaksanakan proses belajar yang unggul, didukung staf pengajar yang handal sehingga semua sumber daya yang dihasilkan dapat bersaing di dunia kerja.
 

MISI

Agar mampu mewujudkan visi sebagaimana dipaparkan di atas, program studi Akuntansi menyusun sejumlah langkah yang secara spesifik dirumuskan untuk dapat mencapai visi, Misi program studi Akuntansi pada tahun 2015-2019 dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan riset akuntansi untuk menghasilkan lulusan yang beretika, integritas tinggi, inovatif dan kompeten yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan praktik akuntansi yang aplikatif bagi masyarakat.
  2. Menyelenggarakan program studi akuntansi yang bermutu melalui budaya akademik dan tata kelola program studi yang profesional, akuntabel, adil dan berkesinambungan.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan di bidang akuntansi sesuai dengan kebutuhan stakeholder, membina mahasiswa untuk meningkatkan kreativitas, kemampuan manajerial dan jiwa kewirausahaan yang mampu bersaing di Era MEA.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dengan dukungan tenaga pendidik dan kependidikan yang handal dan mengintegrasikan nilai-nilai Tridarma Perguruan Tinggi.

 

TUJUAN

Adapun tujuan Program Studi Akuntansi, selaras dengan misi yang telah ditetapkan, adalah pencapaian tiap-tiap butir dari misi Program Studi Akuntansi.

Tujuan program studi Akuntansi pada tahun 2015-2019 adalah:

  1. Meningkatkan kualitas akademik untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter dan berdaya saing tinggi dalam kompetensi akademik
  2. Melaksanakan tata kelola program studi yang mandiri, efisien, akuntabel dalam penyelenggaraan program studi yang bermutu.
  3. Mewujudkan pengembangan jiwa kewirausahaan dan kreativitas mahasiswa agar menjadi pengerak pembangunan.
  4. Meningkatkan mutu program studi melalui jalinan kerjasama kegiatan tridarma perguruan tinggi dengan masyarakat, institusi, instansi pemerintah maupun swasta.

SASARAN

Sasaran yang ingin dicapai Program Studi Akuntansi hingga tahun 2015-2019, serta keterkaitannya dengan visi, misi dan tujuan program studi.

  1. Meningkatkannya kualitas akademik untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter dan berdaya saing tinggi dalam kompetensi akademik.
  2. Meningkatkan kualitas proses pendidikan dan pembelajaran.
  3. Terlaksananya tata kelola program studi yang mandiri, efisien, akuntabel, dalam penyelengaraan program studi yang bermutu.
  4. Memperluas dan memperkuat sistem penjaminan mutu.
  5. Terwujudnya pengembangan jiwa kewirausahaan dan kreativitas mahasiswa agar menjadi penggerak pembangunan.
  6. Peningkatan Sumber Daya Manusia dan mewadahi program akademik.
  7. Meningkatnya mutu program studi melalui jalinan kerjasama kegiatan tridarma perguruan tinggi.
  8. Meningkatkan manfaat perguruan tinggi dengan masyarakat yang dapat menggerakan potensi keistimewaan Aceh untuk kesejahteraan masyarakat.