Visi Misi

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Program Studi Akuntansi 


VISI

Menjadikan Program Studi Akuntansi yang berkualitas sesuai dengan standar pendidikan nasional dalam menghasilkan lulusan yang beretika, berintegritas, berkompeten di bidang akuntansi serta berjiwa kewirausahaan, inovatif, kreatif dan mampu berdaya saing secara global

Untuk memaparkan tentang pengertian dan kata kunci pada rumusan visi tersebut maka maknanya adalah sebagai berikut:

  1. Beretika maksudnya adalah Program Studi Akuntansi menyelenggarakan lulusan yang berkepribadian jujur, bermoral serta cerdas secara emosional dan spiritual.
  2. Berintegritas maksudnya adalah dalam pelaksanaan proses pembelajaran Program Studi Akuntansi menanamkan nilai-nilai etis untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter, bertanggung jawab, serta mengintegrasikan kerangka nilai, etika dan sikap profesional kedalam disiplin ilmu akuntansi.
  3. Berkompeten di bidang akuntansi, berarti Program Studi Akuntansi Universitas Samudra secara terencana melaksanakan proses belajar yang berkualitas, didukung sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan SDM yang mampu membuat laporan keuangan secara cermat dan akurat, mampu melaksanakan audit laporan keuangan, mampu menyusun pelaporan pajak.
  4. Berjiwa kewirausahaan maksudnya adalah Program Studi Akuntansi Universitas Samudra dengan mengaplikasikan proses pembelajaran yang mengembangkan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) untuk menghasilkan lulusan yang memiliki semangat kemandirian, kemampuan analisa yang tajam serta kemampuan manajerial yang tinggi.
  5. Inovatif maksudnya adalah Program Studi Akuntansi Universitas Samudra melaksanakan kegiatan akademik dan proses belajar untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengantisipasi dan beradaptasi dengan perubahan manajemen global. Program Studi Akuntansi diarahkan menjadi lembaga pendidikan S-1 yang terdepan dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Kreatif maksudnya adalah Program Studi Akuntansi Universitas Samudra mengembangkan kegiatan akademik dan proses belajar yang efektif dan efisien agar menghasilkan lulusan yang mampu memberikan sumbangan pemikiran maupun tindakan aplikatif kepada masyarakat dalam bidang akuntansi.
  7. Mampu berdaya saing secara global berarti Program Studi Akuntansi Universitas Samudra melaksanakan proses belajar yang unggul, didukung staf pengajar yang handal sehingga semua sumber daya yang dihasilkan dapat bersaing di dunia kerja sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekonologi di bidang akuntansi.
 

MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut, selanjutnya dirumuskan misi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan riset akuntansi untuk menghasilkan lulusan yang beretika, integritas tinggi, inovatif dan kompeten yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan praktik akuntansi yang aplikatif bagi masyarakat.
  2. Menyelenggarakan program studi akuntansi yang bermutu melalui budaya akademik dan tata kelola program studi yang profesional, akuntabel, adil dan berkesinambungan.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan di bidang akuntansi sesuai dengan kebutuhan stakeholder, membina mahasiswa untuk meningkatkan kreativitas, kemampuan manajerial dan jiwa kewirausahaan yang mampu bersaing di Era MEA.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dengan dukungan tenaga pendidik dan kependidikan yang handal, iklim yang kondusif, damai, dan islami untuk mempercepat proses integrasi antara nilai-nilai profesional yang disesuaikan dengan budaya masyarakat Aceh yang berlaku Syariat Islam.

 

TUJUAN

Berdasarkan visi dan misi di atas, maka tujuan yang ingin diwujudkan oleh Prodi Akuntansi Universitas Samudra adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang akuntansi: mampu membuat laporan keuangan secara cermat dan akurat, mampu melaksanakan audit laporan keuangan dan mampu menyusun pelaporan pajak.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang akuntansi baik yang bertujuan untuk pengembangan ilmu dan aplikasi dibidang akuntansi atau dapat dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan dan semangat inovatif, proaktif, responsif serta berani menanggung risiko untuk peningkatan kualitas pekerjaan.
  4. Menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan perguruan tinggi lain,alumni, masyarakat dan instansi pemerintah.

SASARAN

Sasaran dan strategi pencapaian yang akan dicapai dirumuskan berdasarkan visi, misi, tujuan dan capaian kinerja yang akan diraih oleh Prodi Akuntansi Universitas Samudra adalahsebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang handal, kompeten dan berdaya saing dalam bidang Akuntansi.
  2. Lulusan diharapkan memiliki karir, kecerdasan intelektual, emosional dan jiwa kewirausahawan yang tinggi pada bidang Akuntansi.
  3. Lulusan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 dengan persentase kelulusan tepat waktu.
  4. Memiliki struktur organisasi yang jelas dilengkapi dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang jelas dan terukur.
  5. Memiliki sarana dan prasarana yang memadai berbasis teknologi informasi untuk mendukung penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas.
  6. Menerapkan metode pembelajaran berbasis student centered learning (SCL).
  7. Memiliki Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan Pusat Penjaminan Mutu (PPM) pada tingkat Universitas Samudra, Unit Gugus Penjamin Mutu (GPM) pada tingkat Fakultas Ekonomi Universitas Samudra dan pada tingkat Prodi memiliki Gugus Kendali Mutu (GKM) sehingga menjamin proses pembelajaran yang berkualitas disertai monitoring dan evaluasi yang berkesinambungan.
  8. Meningkatkan kualitas SDM yang terkait tata kelola melalui pelatihan, workshop dan seminar yang diadakan secara berkala.
  9. Memiliki dosen dengan beban kerja yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan terdistribusi secara berimbang dalam ketiga bidang Tridarma perguruan tinggi.
  10. Memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemandirian, kreatifitas dan praktek-praktek kewirausahaan.