Visi Misi

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN

 

VISI PROGRAM STUDI :

“Menjadikan Prodi Manajemen Berkualitas Sesuai Dengan Standard Pendidikan Nasional Dalam Menghasilkan Lulusan Yang Berkompetensi Dibidang Manajemen, Profesional, Berjiwa Entrepreneurship Dan Mampu Bersaing Di Era MEA”.

MISI PROGRAM STUDI :

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian untuk mengembangkan teori dan praktik manajemen yang berkualitas dengan dukungan teknologi informasi  berdasarkan standard pendidikan nasional.
  2. Mewujudkan Program Studi Manajemen sebagai pusat pendidikan Ilmu Manajemen yang memiliki kualitas tertinggi dan relevan sesuai kebutuhan masyarakat dengan menggunakan sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi yang terstruktur dan berkesinambungan.
  3. Mengupayakan kegiatan–kegiatan seminar, workshop dan pelatihan baik internal maupun eksternal untuk meningkatkan produktivitas, kualitas serta kompetensi tenaga pendidik.
  4. Menghasilkan sarjana ekonomi yang cakap, percaya diri dan mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya dengan dijiwai semangat entrepreneur.
  5. Menjalin hubungan kerjasama antar perguruan tinggi dan instansi lain baik didalam maupun luar negeri, memperkuat basic bahasa, peningkatan Teknologi Informatika guna mencapai kualitas yang unggul dan dapat bersaing di Era MEA.

 

TUJUAN :

“Mewujudkan Sarjana Ekonomi Manajemen yang mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan berbasis teknologi, tanggap terhadap perubahan yang berkaitan dengan bidang ekonomi, serta mempunyai keahlian dalam analisis sehingga mampu mengimplementasikan secara profesional melalui pendekatan teoritis maupun praktis sekaligus memiliki kesanggupan untuk menciptakan lapangan kerja”.

 

Sasaran jangka pendek (2016).

  1. Tercapainya rata-rata IPK lulusan 3,40 dengan persentase lulusan tepat waktu minimum sebanyak 75 persen.
  2. Tercapainya kesesuaian kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja minimum sebesar 80 persen.
  3. Meningkatnya jumlah karya ilmiah yang dipublikasikan di tingkat nasional terakreditasi dan internasional bereputasi sebanyak 25 persen.
  4. Tercapainya karya ilmiah pengabdian yang tepat guna bagi peningkatan  kesejahteraan masyarakat.

 

 

 Sasaran jangka menengah (2017-2018).

  1. Tercapainya perolehan dana penelitian hibah kompetitif di luar perguruan tinggi sendiri sebanyak minimum Rp. 3 juta pertahun untuk tiap orang dosen.
  2. Terserapnya lulusan di pasar kerja pada tingkat ASEAN.
  3. Terselenggaranya mata kuliah yang menggunakan pengantar Bahasa Inggris, minimum separuh dari total mata kuliah yang ditawarkan.
  4. Meningkatnya karya ilmiah yang menjadi rujukan, baik bagi institusi pendidikan tinggi lain maupun bagi organisasi pemerintah atau swasta.
  5. Tercapainya publikasi ilmiah hasil penelitian kolaboratif dosen pada tingkat nasional.
  6. Terselenggaranya kerja sama untuk program-program pendidikan dan pelatihan di bidang manajemen dan bisnis, baik di tingkat nasional maupun regional.
  7. Tercapainya program visiting professor ke universitas di luar Aceh dan diluar negeri.

 

 

Sasaran jangka panjang (2019-2020).

  1. Terselenggaranya satu kelas internasional.
  2. Tercapainya publikasi ilmiah hasil penelitian kerjasama dosen pada tingkat ASEAN.
  3. Tercapainya akreditasi Program Studi pada tingkat internasional.

 

 

Strategi Pencapaian Sasaran Jangka Pendek

  1. Peningkatan kualitas lulusan melalui peningkatan kualitas input (calon mahasiswa), kualitas proses pembelajaran, penyesuaian kurikulum dan silabus, serta kuantitas  dan kualitas sarana dan prasarana pembelajaran yang tersedia.
  2. Peninjauan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja secara berkala dengan melibatkan para stakeholder.
  3. Peningkatan proses  pembelajaran  di  kelas  dan  di  luar  kelas  (field study).
  4. Peningkatan kualifikasi dosen bergelar Doktor.
  5. Peningkatan kompetensi dosen dalam bidang akademis, seperti mengikuti pertemuan ilmiah berskala nasional ataupun internasional.
  6. Peningkatan kompetensi dosen dalam lingkup praktis, seperti tenaga pendamping program pemerintah daerah dan swasta.

 

 

Strategi Pencapaian Jangka Menengah

  1. Penguatan kemampuan berbahasa Inggris, secara aktif maupun pasif, baik bagi dosen maupun mahasisw
  2. Peningkatan kompetensi dosen dalam meraih hibah kompetisi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk upaya melakukan kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat baik dengan pihak internal Unsam maupun eksternal Unsam .
  3. Penguatan kompetensi dosen  dalam  publikasi  karya  ilmiah berskala nasional dan internasional.
  4. Pengiriman dosen dalam program penguatan kompetensi akademik ke universitas lain baik di dalam maupun luar negeri.

 

 

Strategi Pencapaian Sasaran Jangka Panjang

  1. Peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis teknologi informasi.
  2. Peningkatan kualitas sistem pelayanan administrasi akademik berbasis teknologi informasi untuk menciptakan kemudahan akses dan komunikasi oleh para stakeholder, baik domestik maupun asing.
  3. Penguatan kapasitas  dosen  untuk  menghasilkan  publikasi  ilmiah  di tingkat internasional.
  4. Peningkatan kerjasama dengan institusi lain di dalam maupun luar negeri, baik pemerintah maupun swasta, sebagai upaya untuk terjaminnya keberlangsungan berbagai kegiatan Program Studi.
  5. Peningkatan tanggung   jawab   sosial   melalui penerapan ilmu dan praktik manajemen dalam upaya meningkatkan kontribusi bagi masyarakat, khususnya para pelaku usaha.

 

 

Sasaran, Tujuan, dan Strategi Pencapaian untuk Perwujudan Visi  Program Studi Manajemen

 

Sasaran tujuan strategi