KALEIDOSKOP MAPALA JEMPA

Potensi Ekonomi Produk Lestari Di Tengah Pandemi

Pandemi telah menghentikan sebagian besar aktivitas kita termasuk perekonomian. Di tengah pandemi ini pelaku usaha UMKM dituntut tetap inovatif mengembangkan produk dan usaha mereka, melihat kondisi tersebut Mapala Jempa mencoba menggali lebih jauh tentang potensi ekonomi pada produk lestari yang di hasilkan oleh Petani di Aceh Tamiang.

Kegiatan ini berlangsung pada senin 12/04/2021, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Acara di buka dengan melalukan bedah Film untuk melihat kondisi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik hasil kemasan produk yang sudah mencemari lautan di Indonesia. Pada sesi selanjutnya dilanjutkan dengan workshop yang membahas tentang Potensi Ekonomi Produk Lestari Di Tengah Pandemi yang di isi oleh narasumber dari NGo KEMPRa.

Peran Pemerintah ataupun masyarakat lokal di setiap daerah sangat penting dalam mendorong ekonomi berbasis alam atau ekonomi lestari guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Beberapa daerah kini mulai menerapkan ekonomi lestari, mulai dari pembuatan kebijakan hingga penguatan komoditas yang telah diolah sehingga mempunyai nilai jual yang ekonomis.

Salah satunya jamu tradisional yang berbahan dasar jahe merah palawi dan madu hutan leuser yang memiliki kisah unik dan menarik dibalik produk tersebut. Produk-produk lestari tersebut dikemas dengan kemasan yang ramah lingkungan sehingga mengurangi dampak yang timbul dari kerusakan alam

KALEIDOSKOP MAPALA JEMPA mengajak peserta dari kalangan organisasi mahasiswa untuk melihat kembali akan potensi dari produk lestari yang dapat membantu ekonomi masyarakat bangkit kembali.

@nurlinausmansyah
@kempra.aceh
@fish.coffeelangsa
@wild.adventure10

#ekonomikreatif
#ekonomilestari
#kabupatenlestari
#kampusmerdeka