Fakultas Ekonomi Universitas Samudra Gelar Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Berbasis Case Method Bagi Dosen Tahun 2023

Meurandeh Langsa, Selasa, (11/07/2023), Penerapan rencana pembelajaran semester (RPS) berbasis Case Method di Fakultas Ekonomi Universitas Samudra saat ini belum dilaksanakan secara menyeluruh oleh dosen pengampu mata kuliah. Sementara kurikulum terkini untuk capaian pembelajaran lulusan  (CPL) dengan fasilitas  laboratorium yang dapat digunakan oleh mahasiswa sudah tersedia.Untuk itu perlu dilakukan integrasi antar dosen pengampu mata kuliah sebagai penyempurnaan metode pembelajaran yang sesuai, maka perlu diselenggarakan kegiatan pelatihan dan pendampingan pembelajaran berbasis case method sehingga penerapan metode pembelajaran ini harus sudah dapat dilaksanakan oleh seluruh dosen pengampu mata kuliah sebagai upaya peningkatan pemahaman mahasiswa melalui praktik langsung dan pendalaman teori melalui kasus – kasus relevan sesuai bidang ilmu.

Adapun tujuan diselenggarakanya kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dosen dalam pembuatan RPS dan pelaksanaan metode evaluasi pembelajaran berbasis case method.

Kegiatan tersebut mendatangkan Nara Sumber yang memiliki kompetensi pada bidang Case Method yaitu Prof. Dr. Harjum Muharam, S. E., M. Si (Universitas Diponegoro) dan Dr. Ulil Hartono, S.E., M.Si (Universitas Negeri Semarang) serta mengundang dosen dilingkungan Universitas Samudra dan perwakilan dosen pada semua Perguruan Tinggi yang ada di Kota Langsa Propinsi Aceh untuk mengikuti pelatihan dan pendampingan pembelajaran berbasis Case Method yang dilaksanakan pada Selasa, 11 Juni 2023 yang terlaksana di Aulo 1 Biro Rektor Universitas Samudra.

Bapak Prof. Dr. Harjum Muharam, S. E., M. Si., sebagai Head of Management Departement, Faculty of Economics and Business, Diponegoro University menyampaikan bahwasannya diperlukan Motivasi bagi dosen dalam pelaksanaan pembelajaran Case Method sehingga outcome based pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) seperti  sikap, attitude, knowledge dan keterampilan lulusan dapat tercapai.  Dosen juga harus menyadari bahwa proses tercapainya CPL merupakan tanggung jawab dosen. Kemudian masih menurut paparan Narasumber 1 menyampaikan pilihan pembelajaran case study terdiri dari event, problem dan dilema.

Selanjutnya Problem Based Learning (PBL) merupakan target akreditasi internasional karena menggunakan Outcome Based Education (OBE). MBKM dengan magang dan KKN Tematik merupakan contoh dari  metode pembelajaran PBL. Penerapan metode pembelajaran ini mengacu pada Indikator Kinerja Utama (IKU) ke 7. Hal tersebut disampaikan oleh Bapak Dr. Ulil Hartono, S. E., M. Si., selaku Ketua Dewan