Sejarah

 

Sejarah dan Perkembangan

Asal mula berdirinya Universitas Samudra (UNSAM) Langsa yaitu sejak tahun 1963 diawali dengan adanya Al-Jamiatul Wasliyah cabang Aceh Timur yang berinisiatif mendirikan sebuah lembaga Perguruan Tinggi yaitu Fakultas Ekonomi yang berafiliasi pada Universitas Al Washliyah Medan. Pada tahun 1971 beberapa tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah Aceh Timur bekerja sama untuk membuka perguruan tinggi dengan mendirikan Yayasan Perguruan Tinggi bernama Yayasan Pendidikan Samudra.[1]

Yayasan Pendidikan Samudra ini kemudian bekerja sama dengan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh sebagai tindak lanjut yang diawali dengan mengadakan konsultasi dengan Rektor yang pada saat itu dijabat oleh Prof. Drs. A. Majid Ibrahim. Kemudian dalam rangka pengembangan berikutnya yayasan juga bekerja sama dengan Universitas Islam Sumatera Utara ( UISU) di Medan, yang membuahkan hasil di mana mahasiswa dapat menyelesaikan kuliahnya dan menjadi sarjana perdana Fakultas Ekonomi sebanyak 66 orang.

Pada tahun 1976 dibuka dua sekolah tinggi lagi yaitu Sekolah Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (STHPM), dan Sekolah Tinggi Ekonomi (STE). Melalui proses yang panjang, pada tahun 1981 kedua perguruan tinggi tersebut kemudian memperoleh status terdaftar yang direalisasi melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 01998 dan 0199 tahun 1981.

Melalui proses perkembangan berikutnya kedua sekolah tersebut melebur menjadi Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan ditambah dua fakultas lain yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Rencana tersebut selanjutnya direalisasikan pada tahun 1985 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0477/0/1985 tanggal 22 Oktober 1985.

Fakultas Ekonomi memiliki 3 (tiga) Program Studi yang terdiri dari :

Fakultas Ekonomi telah berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas keilmuan dalam masyarakat, dengan mengembangkan pengetahuan dalam rangka mengatasi berbagai persoalan bangsa, peningkatan kesejahteraan kehidupan berbangsa.

Saat ini lulusan Fakultas Ekonomi telah menyebar keberbagai wilayah di Indonesia baik di sektor swasta maupun sektor pemerintahan, dengan kemampuan lulusan yang ada diharapkan agar bisa mengisi dan menjadi pilar perubahan pembangunan ekonomi bangsa baik di daerah Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang maupun di wilayah Indonesia lainnya.

Sumber Daya Dosen Fakultas Ekonomi terdiri dari 38 orang dosen yang terdiri dari 20 orang dosen Prodi Manajemen, 6 orang dosen Prodi Akuntansi dan 12 orang dosen Prodi Ekonomi Pembangunan. selain itu Fakultas Ekonomi juga didukung oleh tenaga staff yang sangat berpengalaman yang terdiri dari staff administrasi, tenaga kepustakaan dan tenaga laboran demi mewujudkan dan menghasilkan kualitas lulusan yang lebih baik.

Pimpinan Fakultas Ekonomi Universitas Samudra Langsa, saat ini adalah

  1. Dekan : Muhammad Nur Daud.
  2. Wakil Dekan 1 : Nurjannah.
  3. Wakil Dekan 2 : Adnan Amin.
  4. Prodi Manajemen : Muhammad Rizal.
  5. Prodi Ekonomi Pembangunan : Rinaldi Syahputra.
  6. Prodi Akuntansi : Zefri Maulana.